Berita

Breaking News:    Festival HKAN

BKSDA JAMBI GELAR AKSI BERSIH SAMPAH

Jambi, 10 Agustus 2020. Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020 bertemakan “Nagara Rimba Nusa-Merawat Peradaban Menjaga Alam”, Balai Konservasi Sumber daya Alam (BKSDA) Jambi melakukan kegiatan “Aksi Bersih Sampah” pada Tempat Penyelamatan Satwa (TPS) BKSDA Jambi dan sekitarnya  yang berlokasi di Jalan Lintas Sumatera, Mendalo Darat, Kabupaten Muaro Jambi. Sejumlah staf BKSDA Jambi dan mahasiswa yang sedang praktik kerja lapang (PKL) terlibat pada aksi ini. Seluas ± 0,5 hektar lokasi TPS BKSDA Jambi dan sekitarnya dibersihkan secara gotong royong dari sampah anorganik yang ada.

Sementara itu, kawasan konservasi merupakan habitat bagi keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan yang memiliki tiga hal yang tidak dapat terpisahkan, yaitu perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan. Konservasi alam tidak hanya sebatas kawasan konservasi, namun, berhubungan pula dengan lingkungan sekitar seperti sungai, kawasan terbuka, dan lainnya. Pemerintah pusat maupun daerah telah mengeluarkan berbagai aturan dan kebijakan untuk melestarikan sumber daya yang menjadi penunjang kehidupan sehingga penting untuk menjaga keberadaannya.

Bapak Teguh Sriyanto, S.Hut., M.I.L., mewakili Kepala BKSDA Jambi menyampaikan bahwa “Sesuai arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya Bakar, mengajak kita semua bersama-sama peduli dalam konservasi alam dan lingkungan sekitar. Dan untuk memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020 yang jatuh pada hari ini (10/08/2020), BKSDA Jambi turut ambil bagian dengan menggelar  “Aksi Bersih Sampah”  membersihkan sampah dan kandang satwa di TPS BKSDA Jambi dan sekitarnya.” tutupnya.