Berita

Breaking News:    Festival HKAN

KADER KONSERVASI GELAR AKSI RUAT WANA LESTARI

Jambi, 20 Agustus 2020. Masih dalam rangkaian memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020 serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat,kader konservasi dan masyarakat desa binaan Balai Konservasi Sumber daya Alam (BKSDA) Jambi mengadakan kegiatan “Ruat Wana Lestari” yang berlokasi di Cagar Alam Durian Luncuk 1 Patok 20 Desa Guru Baru Kecamatan Mendiangin Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Acara ini di isi oleh Aksi Bersih Sampah, Penanaman Pohon Bulian, penyerahan surat hibah sporadik tanah dan Ruat Wana Lestari. Acara ini dihadiri oleh kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jambi, Kepala Sub Bagian Tata usaha,Kepala Seksi Kawasan Wilayah I,Ketua FK3I Jambi,Kades Guruh Baru,Kades Sungai Butang, Kades Butang Baru,ketua FFI, TNBD,Manggala Agni,Koramil,KPH Sarolangun,tokoh masyarakat,masyarakat Desa Guruh Baru, masyarakat Desa Petiduran Baru serta para staf BKSDA Jambi.

Sementara itu, Durian Luncuk I merupakan kawasan yang memiliki ciri khas tumbuhan bulian (Eusideroxylon zwageri). Berdasarkan SK Menhut Nomor :820/KPTS-III/1997 Tanggal 30 Desember 1997,kawasan ini memiliki luas 73,74 hektar.Kepala Desa Guruh Baru, Rusdiyanto mengatakan bahwa “Kamiberencana akan membangun desa agrowisata dan kami juga berharap bisa bekerjasama dan didukung olehpemerintah daerah maupun pusat”  ujarnya.

           Bapak Rahmad Saleh, S.Hut., M.Si selaku kepala BKSDA Jambi mengatakan bahwa “Sesuai arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,Ibu Siti Nurbaya Bakar, Mengajak kita semua peduli dengan konservasi alam dan lingkungan sekitar. Dan dalam rangkaian hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020pada tanggal 10 Agustus lalu, Kader konservasi, masyarakat sertaBKSDA Jambi turut menyemarakkannya hari ini (20/08/2020) dengandengan menggelar acara “Ruat Wana Lestari” yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap alamdan menjaga kekompakkan dari multipihak sehingga terwujudnya hutan yang lestari untuk anak cucu kita dimasa depan “. tutupnya.

 

">